Selasa, 02 Juni 2015

Mind Map Dalam Teknologi Bagian 3



Terdapat banyak jenis diagram dengan aturannya masing-masing, mungkin Anda telah cukup pusing dengan yang namanya Flow Chart, Data Flow Diagram, Network Diagram, dan seterusnya, dan kini ditambah lagi dengan mind map!

Keberadaan berbagai macam versi diagram yang telah kita kenal, umumnya disesuaikan dengan fungsinya. Misalnya Network Diagram yang khusus diarahkan untuk mengembangkan jaringan telekomunikasi dan komputer. Data Flow Diagram digunakan dalam bidang sistem informasi, flow chart digunakan untuk merepresentasikan sebuah algoritma atau proses dalam bentuk skematik.

Mind map tidak spesifik diarahkan untuk bidang tertentu, sehingga dapat digunakan dan dimengerti oleh siapa saja, otomatis mind map harus didesain dengan aturan yang sederhana dan mudah dipahami.

Mind map tidak menggantikan penggunaan diagram-diagram lain, terutama diagram pada bidang-bidang spesifik yang telah disebutkan diatas. Karena itu juga, kurang tepat untuk membandingkan kelebihan/kekurangan mind map dibandingkan diagram seperti flow chart, dan seterusnya.

Terdapat satu persamaan mind map dengan diagram manapun, yaitu sama-sama merupakan kegiatan menggambar dan menyusun. Karena itu, jangan remehkan minat menggambar anak-anak dan adik-adik kita, karena menggambar merupakan salah saru eksplorasi kemampuan otak yang luar biasa.


Sumber: Majalah PCMedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...