Sabtu, 27 Agustus 2011

Manfaat Belajar dan Berpikir


Sebagai makhluk berpikir dengan pemikiran yang terus berkembang. Belajar membuat kegiatan berpikir berlangsung terus dan memungkinkan manusia dapat bergerak maju.
Cogito ergo sum (aku berpikir, maka aku ada), kata Renne Descartes, sang pencetus filsafat modern. Dan karena manusia berpikir, maka manusia mampu belajar. Betapa pentingnya kegiatan belajar dan berpikir ini sampai-sampai manusia melembagakannya dalam bentuk sekolah atau institusi pendidikan.
Belajar bukan Cuma dialami mereka yang duduk di bangku sekolah. Siapa saja butuh pembelajaran. Namun, seperti yang diakui banyak orang, kegiatan belajar tak selalu mulus dilaksanakan. Selalu saja ada halangan dan godaan yang menghalangi kita untuk belajar dengan sungguh-sungguh.
Mood atau suasana hati menjadi faktor terpenting saat kita belajar. Upayakan selalu mood yang positif untuk belajar, misalnya saja dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar yang sesuai karakter kita. Mulailah menentukan sendiri prioritas nilai dan prinsip kita. Jangan biarkan siapa pun mendikte kita dalam belajar. Pusatkan perhatian terhadap apa yang telah kita percayai tersebut dan kerjakan dulu prioritas-prioritas yang telah kita tentukan sendiri.
Memahami orang lain dengan baik akan membuat orang lain dapat memahami kita. Cobalah mengandalkan diri kita dalam posisi orang lain yang kita ajak berargumen/berdiskusi. Pikirkan argumen yang paling pas untuk teman diskusi kita.
Kerapkali kita kurang menangkap sebuah pelajaran, terutama dari sebuah bahan bacaan/buku. Apabila tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, kita dapat mencari cara lainnya selain membaca ulang bahan tersebut. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen, teman sekantor, atau dengan siapa saja yang dianggap bisa diajak berbagi. Mereka mungkin memberi kita pemahaman yang lebih baik.
Jangan ragu menantang terus diri kita untuk memahami lebih banyak lagi masalah. Belajar akan menjadi kegiatan yang “membangkitkan adrenalin” dan terasa mengasyikan, bahkan bukan mustahil ide-ide cemerlang akan kita ciptakan.
Sumber : Kompas/9 Agustus 2011

2 komentar:

  1. min saya izin copas

    BalasHapus
  2. thanks info nya gan sangatlah bermanfaat.
    titip link ya gan ayo kunjungi kami di www.interiorjakarta.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...