Selasa, 26 Mei 2015

Mind Map Dalam Teknologi Bagian 2




MIND MAP DALAM TEKNOLOGI Bagian 1
MIND MAP DALAM TEKNOLOGI Bagian 3


Membuat Mind Map
Mind map sangat mudah dipahami setelah Anda mengetahui dasarnya (yang juga sangat sederhana), menurut Tony Buzan, beberapa panduan untuk menggambar mind map adalah:
1.       Mulai dari bagian tengah kertas kosong dengan sisi panjang diletakkan mendatar.
2.       Gunakan gambar untuk ide sentral.
3.       Gunakan warna.
4.       Hubungan cabang-cabang secara hierarki radial.
5.       Buat garis hubung yang melengkung.
6.       Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis.
7.       Gunakan gambar, selain pada gambar sentral.

Mind Map dan Teknologi
Dalam dunia teknologi, apakah mind map berguna? Ternyata bukan hal yang sama sekali baru jika mind map digunakan dalam pengembangan software, bisnis, pendidikan, dan lain sebagainya yang berhubungan erat dengan aspek teknologi.
Bahkan kini telah tersedia wikipedia dalam bentuk mind map. Anda dapat mencobanya pada situs http:www.wikimindmap.org. Cara pencariannya mirip dengan situs wikipedia.org, hanya saja hasilnya yang biasa merupakan artikel panjang, kini ditampilkan secara visual dalam bentuk mind map!
Contoh berikut ini akan membandingkan konten yang ditampilkan antara wikipedia.org dan wikimindmap.org, dengan kata kunci “Global Warming”. Seperti pada wikipedia.org, Anda akan mendapatkan informasi mengenai global warming, hanya saja ditampilkan secara visual. Ide utama (global warming) cukup termuat dalam satu layar, dimana masing-masing cabang dapat dieksplorasi lebih lanjut.
Tampilan wikimindmap.org
Tampilan wikipedia.org

Dengan pendekatan visual mind map ini, otak Anda dimungkinkan untuk memahami suatu topik beserta hubungannya secara cepat. Pastinya terdapat pro dan kontra mengenai mana yang lebih baik, tetapi hal itu bukanlah sesuatu yang harus diperdebatkan. Anggaplah konten wikimindmap.org merupakan summary, sedangkan konten wikipedia.org merupakan detailnya, tinggal tergantung pada situasi dan kondisi Anda, apakah sedang membutuhkan konten summary ataupun detail, dengan masing-masin kelebihan dan kekurangannya.

Sumber: PCMEDIA

1 komentar:

  1. Your Class Teacher -Paragraph
    A Good Teacher -Paragraph, My Favorite Teacher-paragraph, Your Class Teacher-Paragraph
    http://paragraphreader.blogspot.com/2015/06/your-class-teacher-paragraph.html

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...