Rabu, 26 Agustus 2015

Tips Kolam Tetap Jernih




Bagi para pecinta ikan yang memelihara ikan di kolam, kebersihan kolam tentu menjadi hal yang penting. Untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air kolam seringkali dipasang sebuah filter air.

Idealnya, filter air berukuran sepertiga luas kolam. Filter dibagi menjadi empat atau lima bilik. Jika dibuat menjadi empat bilik, pemilik bisa memasukkan media filter berupa bioball pada dua bilik dan crystal ball khusus untuk filter air. Alurnya, air dihisap dengan pompa  melalui lubang  pada cekungan. Air itu melaju ke bilik bioball I. Air yang sudah tersaring  kemudian dialirkan  dengan pipa paralon  ke arah bawah bioball II. Lalu kembali dialirkan ke bilik III dan IV yang berisi crystal  ball. Air yang sudah jernih  kemudian dipompa kembali  ke kolam.Selain itu, setiap 2-3 hari sekali pemilik kolam harus menguras maksimal 10 persen air. Bersihkan bioball setidaknya sebulan sekali. Bioball paling kotor biasanya ada di bilik I  karena kotoran ikan.

Bagian dinding kolam harus dibuat sehalus mungkin agar ikan tidak lecet atau terluka. Semen masih menjadi bahan paling ideal karena lumut masih bisa menempel. Akan tetapi kadang, ikan membutuhkan lumut sebagai tambahan nutrisi.

Disadur dari Solopos, 16 Agustus 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...